“Vespa Never Die!” Itulah seruan yang biasa terlontar dari para penggemar kendaraan
yang satu ini. Ya, Vespa, khususnya Vespa lawas (2 tak), memang tak pernah
lekang ditelan waktu; walaupun klasik masih banyak orang yang menggunakannya.
Nah, bagi Anda yang memiliki Vespa dan
ingin agar Vespa Anda tetap prima, berikut ini beberapa tips cara merawat Vespa
:
Jaga kondisi kabel persneling
Pahamilah bahwa Vespa Anda termasuk motor
lawas, oleh karena itu Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi
beberapa sparepart-nya, salah satunya kabel persneling.
Perhatikan kabelnya, jangan sampai kendor, karena kalau kendor akan membuat
Anda sulit untuk berpindah transmisi.
Perhatikan kondisi busi
Busi merupakan salah satu komponen yang
terpenting pada Vespa. Anda mungkin sering menemukan pemilik Vespa yang
seringkali bergonta-ganti busi. Hal ini bisa saja terjadi, karena pemilihan oli
samping yang tidak pas dan kombinasi dengan bahan bakar juga kurang tepat.
Jadi, sering-seringlah memeriksa busi, bersihkan busi dari kerak dengan
menggunakan amplas dan sedikit bensin.
Merawat karburator
Perhatikan pula kondisi kaburator,
bersihkan karburator dari kotoran yang menyumbat. Semprotkan udara
bertekanan (compressor) pada spuyer serta
komponen lainya.
Perhatikan oli mesin & oli samping
Perhatikan kalu oli mesin dianjurkan
untuk diganti 1 bulan sekali, tapi tergantung pemakaian motor jika setiap hari
dipakai usahakan ganti 1 bulan sekali tapi kalau jarang digunakan minimal 2
bulan sekali.
Begitu juga dengan oli samping, usahakan
jangan sampai kuran dan usahakan diganti secara berkala setiap 1 bulan sekali
sesuai dengan pemakaian.
Merawat bodi
Bodi Vespa tentu menjadi salah satu
bagian yang terpenting, karena banyak orang yang 'kepincut' dengan Vespa karena
bodinya yang unik dan klasik. Untuk itu, sudah sewajarnya Anda merawat bodi
vespa dengan seksama.
Jangan biarkan bodi Vespa Anda dalam
keadaan kotor terlalu lama. Ini disebabkan bodi Vespa terbuat dari plat/besi,
jadi akan mudah berkarat jika terlalu lama dibiarkan kotor. Perhatikan pula
bagian bawah/kolong vespa, karena bagian ini biasanya jadi bagian yang paling
kotor.
0 komentar:
Posting Komentar