TIPS DAN TRIK VESPA
Knalpot
Kadang scooterist
menganggap remeh fungsi dari pada knalpot. Sehingga setiap kali service jarang
ada yang memperhatikan bagian knalpot. Padalah knalpot adalah merupakan salah
satu bagian yang berpengaruh pada akselerasi. Nah klo knalpotnya tersumbat atau
mampet atau tidak lancar bagaimana vespa mau enak tarikannya ? Ciri-ciri
knalpot mampet adalah :
1. Tarikan awal
terasa berat
2. Pada mesin terdengar suara
menggelitik (tek..tekk…tekkk)
3. Pada ujung busi berwarna hitam (seperti habis terbakar)
4. Busi tidak awet atau gampang mati.
5. Mesin susah hidupnya.
6. Karburator banjir
Untuk mengatasinya, knalpot harus dibobok di tukang las
karbit. Bersihkan semua kotoran didalamnya dan saran saya kosongkan saja jeroan
knalpot sampai kopong baru kemudian dilas kembali. Agar suara knalpot tidak
berisik, lobang buangnya kasih pipa yang kecil aja (aslinya knalpot).Saya jamin
dech, pasti vespa jadi enteng tarikannya.
Karburator Batuk
Kalau di moncong karbu muncul suara ngook, akibat jarang
servis karbu. Hal ini akibat debu dan air mulai mengendap sehingga menggangu
suplai bensin dari tangki ke karbu hingga masuk ke ruang bakar. Trik
mengatasinya pertama lihat apakah bensin di tangki masih ada dan cukup kirim ke
karbu, kemudian pastikan juga keran bensin berfungsi baik dan ditutup tangki
terdapat saringan kotoran. Pengecekan berikut mengarah ke bak karbu. Lihat
apakah bensin yang tertampung di bak amat minim lantaran tertahan jarum
pelampung yang kemungkinan disetel terlalu irit. Jika tidak, jangan lupa cuci
endapan kotoran di filter yang ada di tutup bak karbu.
Tali Gas, Rem, kopling putus:
Pemicunya, kurang perawatan, kerja piranti ini jadi berat.
Lantaran dipaksa, akhirnya putus. Umumnya ada dua kemungkinan posisi kabel
putus, bisa bagian pangkal, tepatnya pada timahnya (rem hanya bagian depan).
atau bagian ujungnya (untuk kopling, gas dan rem di setang).
Bila hal pertama yang muncul, mengatasinya lepas dulu nepel
pengikat di ujungnya. lalu dari pangkal sling itu ditarik dikit. “yang penting
bisa ditekuk ke ujung tuas”. setelah itu baru dikunci kawat dengan bantuan
tang.
Tetapi bila ujungnya yang lepas, dan tidak ada sisa lagi
sling yang bisa ditarik, solusinya, potong rumah kabel itu. kabel sling jadi
panjang lagi dan bisa dikunci nepel. Oh iya, buat kabel gas bila putusnya pada
bagian tengah bisa pakai cara praktis, kabel yang keluar dari karburator, lantas
digerakkan langsung pakai tangan, caranya mudah kok, anda tinggal lepas rumah
kabelnya.
Ubah Pengapian CDI
Vespa lawas seperti Super, PS dan PX yang belum dilengkapi
sistem pengapian CDI maka untuk pengapian tipe platina perlu lebih sering
"ditengok" daripada yg pake CDI. Kalo mau praktis ubah saja sistem
pengapian nya menjadi CDI. Beberapa tipe Vespa memang agak sulit dalam
pengerjaannya sebab harus mengubah magnet dan menggulung spul baru, namun
khusus tipe PX keluaran 80-82 dan super 77-79 jauh lebih mudah karena tipe ini
tinggal ganti spul yang dilengkapi IC dan micro chip pengapian.
Berikut langkah modifikasinya :
1. Setelah boks mesin terbuka lepas kipas magnet menggunakan
alat bantu yg namanya Treker.
2. Lepas seluruh baut spul pengapian dengan obeng, lepas juga
seluruh kabel yg menghubungkan ke spul, pada spul ini terdapat lima warna kabel
yang memiliki fungsi sendiri-sendiri.
3. Setelah itu, lepas juga kotak terminal kabel yang
terhubung dengan kabel spul.
4. Kemudian pasang spul IC, sedangkan micro chip dipasang di
kotak terminal yang dilepas tadi, sambung kabel sesuai warnanya; hitam dan
putih untuk massa, hijau untuk micro chip, merah untuk ke CDI dan biru ke
lampu.Mudahnya lagi sistem ini ga perlu nyari posisi top
Kaca Speedometer vespa yang retak
Para Vespa Mania pasti tau kalau punya vespa tua atau antik,
terkadang kaca spedometernya sudah agak retak-retak karena terkena panasnya
cahaya matahari dan siraman air hujan.
Nah dari pada kita beli yang baru dan menjaga ke-orisinil-an
nya maka dapat kita atasi dengan bantuan OLI, caranya : ambilah setetes oli
untuk campuran bensin atau oli apa saja, kemudian oleslah ke kaca atau plastik
spedometer tersebut sampai merata. diamkan beberapa lama, maka akan hilanglah
goresan retak-retak pada spedometer kita, kemudian bersihkanlah dengan lap
kain.
0 komentar:
Posting Komentar